Agen Bola Terpercaya – Michael Essien Diklaim Tak Mampu Beradaptasi Di Indonesia

Kehadiran Michael Essien, eks gelandang Chelsea di skuat Persib Bandung tidak serta merta membuat para pesaing ketakutan. Bermain di Indonesia, beberapa dari mereka malah dengan tegas meragukan kapasitas permainan Essien.

Saat merumput di Eropa, Essien memang merupakan salah satu pemain gelandang yang paling berkilau kariernya. Pada musim 2011/12, dia bahkan sempat membawa Chelsea menjadi juara Liga Champions.

Namun, prestasi Essien dianggap bukanlah sebuah jaminan. Penyebabnya tak lain adalah kondisi iklim di Indonesia yang menyulitkan pemain asing untuk beradaptasi. Setidaknya dalam lingkungan sepakbola nasional, itulah tren yang muncul dalam kurun enam tahun belakangan.

Martin Vunk, Ivan Bosnjak, Lee Hendrie, dan Marcus Bent adalah deretan pemain elite kelas dunia yang sempat melenggang di lapangan Indonesia sebelum Essien. Pada akhirnya, mereka justru dinyatakan jadi pembelian yang gagal. Apa yang menjadi masalah?

Zulkifli Syukur, salah satu pemain senior di Indonesia yang kini telah berseragam PSM Makassar menilai kondisi rumput dan lapangan di Indonesia lah yang menjadi penyebab utama para pemain kelas dunia tersebut gagal bersinar.

Atas dasar penilaian itulah membuat publik mengklaim hal serupa akan menimpa Essien.

Di stadion Indonesia, struktur rumput dan tanah memang cukup berbeda dengan yang berada di Eropa. Struktur tanah dan rumput di Indonesia tergolong keras. Bahkan beberapa klub besar dari Eropa pernah mengeluh sewaktu mereka singgah atau bertandang ke Indonesia.

“Stadion dan kondisi rumput di lapangan adalah faktor utamanya. Itu sangat berpengaruh. Terlebih jumlah stadion bertaraf Internasional di Indonesia masih sedikit bahkan tergolong minim,” kata Zulkifli saat dihubungi.

“Sebelumnya, juga ada Marcus Bent. Bicara tentang kualitas, saya pikir semua sama saja. Tapi, banyak yang gagal,” tuturnya.

Michael Essien, Eks pemain Real Madrid dan Chelsea telah resmi berkostum Persib Bandung usai dikontrak selama satu tahun dengan opsi perpanjangan. Pada hari ulang tahun “Maung Bandung”, tampak ia pun ikut merayakannya sebelum kembali ke Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *