cara merawat ayam petelur

Cara Merawat Ayam Petelur Yang Baik dan Benar

Agen Sabung Ayam – Cara Merawat Ayam Petelur Yang Baik dan Benar

Agar ayam bisa bertelur setiap hari maka pengelolaan ayam petelur dengan baik sangatlah penting. Untuk memperoleh telur yang tinggi apabila ayam petelur di rawat dengan baik maka pundi-pundi keuntungan pun akan di dapat sehingga mereka harus berkesinambungan pada masa perkembangannya.

 

Segala sesuatu haruslah sudah siap bila anak ayam petelur anda tiba dan usahakan kandang dalam keadaan kering, peralatan harus bersih, suhu di kandang di atur tepat, tempat air serta makanan terisi, lantai di tutup berisi alas kering serta penghalang pana berjalan dengan cukup baik. Sekarang anda sudah siap menempatkan anak ayam untuk di besarkan.

Apabila anak ayam sudah siap, angkat secara lembut anak ayam tersebut dari kotak pengiriman dan letakkanlah di kandang yang hangat, jangan di jatuhkan dengan kasar karena dapat melukai anak ayam serta membuatnya cacat. Bagi anak ayam yang masih kecil haruslah mendapat banyak makanan serta air segera setelah di letakan di kandang. Sediakanlah paling sedikit empat tempat berukuran satu quart atau kurang lebih satu liter ataupun dua tempat berukuran satu gallon atau empat quart untuk setiap 100 anak ayam. Masukanlah setiap anak ayam ke tempat air agar tau di mana air berada.

Dalam waktu minggu-minggu pertama merawat anak ayam petelur adalah proses yang intensif tapi cukup menyenangkan. Anda haruslah menjaga anakan ayam petelur tersebut dengan lampu pemanas, dan memonitor suhu mereka serta memastikan makanan dan air cukup memadai.

Setiap minggu anda harus menurunkan suhu sampai anakan ayam petelur tersebut merasa nyaman pada suhu di luar, setelah itu anda bisa melepaskan lampu pemanas serta memindahkan anakan ayam kekandang utama. Jika membesarkan anak ayam petelur pada usia sehari sangatlah sulit di sarankan bagi anda membeli pullet ataupun ayam dara. Pedoman di bawah ini mungkin dapat membantu anda untuk pertumbuhan serta perkembangan anak ayam telur pada masa pertumbuhan :

  1. Bagi setiap ruangan 100 ayam petelur memiliki ruang sekitar 25 m2 sampai 100 m2. Sediakanlah 0,2 sampai 0,3 m2 per ayam apabila ayam di biarkan tumbuh di luar kandang.
  2. Sediakanlah makanan penumbuh yang cukup baik di depan ayam petelur sepanjang waktu. Pakan ternak yang di sediakan pabrik biasanya sudah sangat baik serta banyak nutrisi yang di perlukan ayam. Pengoplosan pakan ternak dengan menggunakan jagung bisa menyebabkan terjadinya ketidak seimbangan sehingga bisa mengakibatkan hasil yang akan di peroleh jadi tidak seimbang
  3. Air, Pada masa ayam petelur bertumbuh ayam banyak minum serta memperlukan banyak minum. Untuk menjaga pertumbuhan ayam petelur, air haruslah segar serta tetap dingin.
  4. Peneduh, pada waktu musim panas ayam petelur lebih yaman apabila di tempat yang teduh.
  5. Pisahkanlah ayam petelur yang muda dengan ayam petelur yang lebih tua karena ini akan menolong mengurangi kemungkinan menyebarnya penyakit ke ayam yang lebih muda atau yang lebih muda.
  6. Untuk tempat berteduh, sediakanlah satu tempat berteduh yang berukuran 3×4 meter pada tiap 100 sampai 125 buah ayam petelur
  7. Pencegahan parasite. Ayam petelur bisa terkena penyakit cacing yang terdapat pada sebuah obat. Dengan pengelolaan dan sanitasi yang baik dapat membantu mengurangi terjangkitnya parasite pada anak ayam petelur.
  8. Lindungilah anak ayam petelur tersebut dari musuhnya dan jangan biarkan hewan pemangsa dapat memasuki bangunan tempat ayam petelur tinggal pada waktu malam hari

Itulah beberapa tips tentang cara merawat anak ayam petelur pada masa pertumbuhannya. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu Anda dalam merawat anak ayam petelur sehingga bisa menghasilkan telur steiap hari diwaktu besarnya nanti. Terimakasih selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *