Agen Sabung Ayam – Fakta Menyedihkan Ayam Broiler

Ayam Broiler atau bisa disebut juga sebagai ayam ras pedaging adalah jenis ras unggulan ayam yang dihasilkan dari persilangan bangsa” ayam yang memiliki produktivitas tinggi, terutama dalam memproduksi daging ayam.  Nah dalam pengembangbiakkannya, ternyata ayam broiler ditempatkan dalam sebuah kandang besar tanpa jendela yang dihuni oleh 20.000 hingga 50.000 ekor ayam broiler. Pemberian pakan dan minum serta pengaturan kandang lain seperti suhu, ventilasi dan cahaya dilakukan secara otomatis. Ayam broiler ini juga tidak dikandangi sehingga mereka bebas berkeliaran di kandang besar yang lantainya terbuat dari beton dan dilapisi kertas yang dihancurkan atau serbuk kayu atau mungkin jerami.

Ayam Broiler biasanya dijagal saat ia telah berusia 6 atau 7 minggu (Alaminya seekor ayam mempunyai usia sekitar 7 tahun), kadang-kadang ada juga yang dijagal saat ia masih 4 minggu. Ayam 4 minggu tersebut biasa dijual sebagai ayam muda dan ayam yang mempunyai umur lebih dari 7 minggu biasa menjadi bahan untuk membuat ayam panggang besar.

Jangka waktu panen ayam broiler biasanya sekitar 5 hingga 6 kali dalam setahun. Setelah musim panen berakhir, sekitar 2 atau 3 minggu dihabiskan untuk membersihkan lantai kandang dan pembasmian kuman. lapisan lantai kandang tersebut juga tidak pernah diganti sehingga lapisan lantai tersebut basah dan becek karena tertutup oleh kotoran ayam.

Penerangan didalaman kandang pun diatur dengan seksama. Cahaya dinyalakan hanya untuk mengarahkan rombongan ayam ke tempat makanan dan air agar ayam tersebut makan banyak dan tumbuh dengan cepat. Setelah itu cahaya akan diredupkan menjadi 2-5 lux untuk mencegah perkelahian antar ayam yang mungkin terjadi. Penggelapan total dalam kandang selama setengah jam setiap harinya bertujuan untuk semua ayam-ayam dikandang dapat terbiasa dengan kegelapan dan tidak panik saat listrik padam.

Ruang gerak ayam broiler pun juga sangat sempit. Kepadatan yang dianjurkan agar ayam tidak stress adalah 34 kg ayam per meter persegi. Berarti setiap ayam yang berada di ruangan tersebut hanya memiliki ruang gerak sebesar 0,05 m2 atau seluas kertas A4. Dengan pertumbuhan ayam yang semakin berkembang, kondisi ruang gerak ayam pun menjadi semakin buruk sehingga membuat kandang menjadi penuh sesak. Tidak jarang juga ada ayam yang saling injak satu sama lain ketika bergerak pergi ke tempat makanan atau minuman.

Ayo kunjungi fakta menyedihkan ayam broiler part 2 untuk mengetahui kelanjutan artikel ini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *