fakta mengonsumsi telur

10 Fakta Mengonsumsi Telur Ayam Yang Menarik

Agen Sabung Ayam – 10 Fakta Mengonsumsi Telur Ayam Yang Menarik

Telur yang memiliki rasa gurih dan enak membuatnya menjadi salah satu makanan yang digemari banyak orang. Terlebih bahan makanan ini juga dapat diolah menjadi beragam variasi makanan yang pastinya menggugah selera anda.

Kandungan gizi yang terdapat pada telur hampir lebih dari 90% terdiri dari kalsium dan zat besi, sementara pada kuning telurnya mempunyai kandungan 6 gram protein berkualitas tinggi yang disertai 9 asam amino essensial. Selain kandungan nutrisi yang mengagumkan tersebut, ternyata ada banyak fakta-fakta menarik seputar telur ayam yang belum diketahui banyak orang sebagaimana dilansir oleh Grunge(17/3).

Berikut adalah daftar 10 Fakta Mengonsumsi Telur Ayam Yang Menarik :

1. Pertumbuhan Tubuh

Manfaat Telur Untuk Pertumbuhan Tubuh

Manfaat Telur Untuk Pertumbuhan Tubuh

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa banyak olahragawan yang mengonsumsi telur sebagai menu rutinnya. Hal tersebut dikarenakan telur mempunyai banyak protein sehat yang dapat membantu pertumbuhan tubuh. Selain itu telur juga mengandung vitamin D yang sukar ditemukan kecuali dari sinar matahari.

2. Rekor Dunia

telur terbesar

telur terbesar

Meskipun telur ayam mempunyai ukuran yang beragam baik kecil sampai besar, tetapi pada tahun 2010 ada seekor ayam berumur enam bulan yang mengeluarkan telur berukuran raksasa. Ya ayam tersebut bernama Harrier, ayam tersebut mengeluarkan telur terbesar didunia yang berukuran 9,1 Inch atau hampir 2x rata-rata dari ukuran telur normalnya.

3. Produksi Telur

Banyak yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya ayam betina dapat bertelur meskipun tidak ada jantan yang membuahinya. Dalam peternakan modern, ayam biasanya menghasilkan 300 ribu lebih telur tiap tahunnya tanpa harus berhubungan dengan ayam jantan.

4. Pengaruh Lingkungan

Tidak ada makhluk hidup didunia ini yang dapat bekerja secara optimal ketika sedang berada dalam kondisi tidak fit. Hal tersebut pun berlaku untuk ayam, ketika ayam merasa terancam akan predator-predator yang berkeliaran di sekitar lingkungannya, maka ayam akan stress dan menghasilkan jumlah telur yang lebih sedikit dari normalnya. Karena itu ada baiknya ayam harus ditempatkan dalam lingkungan yang tenang, agar kualitas produksi telurnya tidak terganggu.

5. Kompetisi Makan Telur

Pada tahun 2013 lalu menurut Major League Eating, sebuah organisasi yang mengawasi kompetisi makan profesional mengatakan bahwa ada seorang pria bernama Joey ‘Jaws’ Chestnut yang dikatakan berhasl memakan 141 butir telur hanya dalam waktu 8 menit saja!.

6. Pemalsuan Telur

Perbedaan Telur Palsu

Perbedaan Telur Palsu

Bukan hanya uang dan barang fisik saja yang dapat dipalsukan, bahkan telur ayam yang relatif murah pun juga tidak luput dari aksi pemalsuan. Di China, dilaporkan bahwa dalam pembuatan telur palsu hanya membutuhkan setengah biaya produksi dari telur asli. Dengan pegawai dan alat-alat seadanya satu pekerja diperkirakan dapat membuat sekitar 1.500 butir telur palsu.

7. Higienis

Perbedaan utama antara negara Amerika dengan negara lainnya adalah tentang cara perawatan dan penyimpanan telur yang dilakukan. Amerika menerapkan kebijakan unik yaitu untuk mendinginkan telur ketika akan dijual ke pasar. Aturan tersebut juga mengharuskan semua produsen telur untuk mencuci setiap butir telur sebelum disebakan ke pasaran untuk mencegah kontaminasi terhadap isi dalam telur,

8. Darah Sebagai Pengganti Telur

darah pengganti telur

darah pengganti telur

Menurut Nordic Food Lab, sekarang telah ada pengganti yang efektif dan baik untuk menggantikan nutrisi yang terkandung dalam telur, yaitu menggunakan darah. Walau terdengar menjijikkan dan tidak lazim, darah dan telur sebenarnya memiliki struktur protein yang hampir sama, sehingga anda bisa menggunakan 65 gram atau 2.25 ons darah untuk mengganti telur sebagai bahan makanan anda.

9. Mitos Telur Ayam

Pada tahun 1806 ada sebuah desa kecil di inggris yang mempercayai bahwa sebentar lagi akhir dunia akan terlihat (kiamat). Hal itu dikarenakan mereka melihat ayam mulai bertelur dengan tulisan “Kristus akan datang” pada cangkang-cangkang telurnya. Setelah kejadian tersebut diselidiki lebih lanjut, terungkap bahwa ternyata tulisan itu berasal dari seorang pemuda lokal yang bernama “Mary Bateman” yang iseng menulis kata-kata kontroversial tersebut di cangkang telur ayam sebelum memasukkannya kembali ke dalam tubuh ayam.

10. Pembuat Omelet Terbanyak di Dunia

Howard Helmer adalah namanya, seorang chef yang memegang rekor dunia sebagia pembuat omelet terbanyak. Dicatatkan bahwa ia berhasil membuat 427 omelet dalam rentang waktu 30 menit. Yang berarti tiap pembuatan 1 omelet ia hanya memakan waktu sekitar 4.2 detik saja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *